Polres OKU Pimpin Upacara Tradisi Penyambutan Bintara Baru

Foto : Upacara Tradisi Penyambutan Bintara Diktuk Polri Tahun Anggaran (TA) 2021.(armizi/Radar Sriwijaya)

Radar Sriwijaya(OKU)  – Kepolisian resor Ogan Komering Ulu (Polres OKU) menggelar upacara Tradisi Penyambutan Bintara Diktuk Polri Tahun Anggaran (TA) 2021, bertempat di halaman Mapolres OKU, Rabu (05/01/22) siang, sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam upacara Tradisi Penyambutan Bintara Diktuk Polri TA. 2021 Polres OKU ini, dihadiri langsung oleh Kapolres OKU, Ketua Cabang Bhayangkari OKU, Wakapolres OKU, Para PJU Polres OKU, Para Kapolsek Jajaran Polres OKU beserta Para Jajaran Perwira Polres OKU dan Para Pengurus Cabang Bhayangkari OKU.

Sementara untuk peserta yang mengikuti Upacara Tradisi Penyambutan Bintara diikuti oleh,1 Peleton Perwira, 1 Peleton Sat Samapta, 1 Peleton Sat Lantas, 1 Peleton Gabungan Personil Staf , 1 Peleton Sat Intel, 1 Peleton Sat Reskrim, 1 Peleton Sat Narkoba dan 1 Peleton ASN Polres OKU.

Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK dalam sambutannya menyampaikan, jika tradisi penyambutan Brigadir remaja merupakan awal dari proses pelaksanaan pembinaan karir. Yang bertujuan untuk mempererat jiwa Korps Bhayangkara bagi personel Polri yang baru menyelesaikan pendidikan pada Lemdik, agar dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang diperolehnya di kesatuan kewilayahan.

“Dengan materi yang diterima di Sekolah Polisi Negara (SPN), nantinya bisa diterapkan dimana tempat bertugas. Pembinaan personel tersebut bahwa nantinya akan melalui suatu Sistem Tour Of Duty dan Tour Of Area, dengan memperhatikan dinamika organisasi dan perkembangan situasi diluar organisasi yang semakin kompleks ,”ujar Kapolres

Dikatakannya, Polri di era modern harus mampu membaca situasi perkembangan media yang dapat membuat psikologis massa berubah mengikuti perkembangan informasi yang terdapat didalamnya. Sejalan dengan Program Presisi Kapolri, perlunya kemampuan Polri dalam memanagemen media, baik media konvensional maupun media sosial.

Dengan kemampuan memanagemen media akan mampu merubah psikologis massa terhadap Polri, dengan cara mengekspos terus berita positif tentang Polri dan mengcounter berita negatif Polri. Sementara untuk menghadapi dinamika potensi kriminalitas di wilayah hukum, diharapkan mampu mengakomodir semua fenomena dan gejala yang timbul.

“Caranya, dengan menampilkan suatu struktur organisasi yang kuat dilandasi suatu pemikiran profesional, bermoral, serta Modern. Wujud tampilan ini dapat dimunculkan untuk membawa organisasi sebagai sebuah institusi Birokrasi yang berorientasi kepada pelayanan masyarakat dan mampu menyelaraskan diri dengan dinamika perubahan dalam masyarakat ,”urainya.

Kondisi tersebut merupakan tantangan bagi Polri agar lebih Profesional dalam menjalankan tugasnya. Anggota Polri harus mampu membaca situasi kapan harus menjadi sosok santun dan kapan kita harus menjadi sosok yang tegas.

Kapolres juga menekankan kepada 25 personel yang baru saja dilantik menjadi anggota Polri terkait kepedulian, pemahaman serta penghayatan dari nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya yang menjadi pondasi / landasan (Blue Print, red) dan tujuan yang mulia dari organisasi Polri yang di cintai masyarakat.

Kapolres berharap, agar Bintara Polri yang baru dilantik dapat segera beradaptasi di lingkungan Polres OKU, serta mengajak bersama-sama melaksanakan tugas dengan baik, ikhlas dan bertanggung jawab. Serta harus bisa mengembangkan diri, menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan dengan cara belajar dari senior.

“Jangan sungkan serta malu untuk bertanya kepada senior yang ada di masing-masing kesatuan kalian ,”jelas AKBP Danu Agus Purnomo.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya titip kepada para Pejabat Utama, Para Perwira dan Bintara Mentor untuk senantiasa menularkan ilmu-ilmu yang positif untuk menjadikan Bintara Remaja ini menjadi Bintara Remaja yang smart, baik dari segi pengetahuan (Afektif), sikap prilaku (Kognitif) dan keterampilan (Psikomoterik) agar mampu menghadapi tantangan pada era ini ,”tandas Kapolres.

Upacara Tradisi Penyambutan Bintara Diktuk TA 2021 Polres OKU ditutup dengan pembinaan tradisi Bintara Remaja dengan bersujud syukur dan mandi kembang. Acara diakhiri dengan penyerahan Nasi Tumpeng dari Kapolres OKU kepada Bintara Remaja untuk di makan bersama.(Diq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *