Warga Teloko Demo PT Kelantan Sakti Ke Pemda dan DPRD

photo : Aksi massa di Depan Kantor DPRD OKI.(ist)

Radarsriwijaya,com. (OKI).- Ratusan Masyarakat Desa Teloko kecamatan Kayuagung, kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang tergabung dalam serikat Pemuda dan masyarakat Sumatera Selatan (SPM Sumsel) melakukan aksi unjuk rasa/aksi Demo di halaman kantor Bupati OKI, Senin (16/10/2023).

Dalam aksi tersebut mereka menuntut pemerintah daerah untuk menyelesaikan tuntutan masyarakat Desa Teloko terkait plasma dari PT Kelantan Sakti.

Pasalnya, masyarakat desa teloko telah lama menunggu kurang lebih selama 15 tahun menanti janji dari pihak PT Kelantan Sakti untuk merealisasikan plasma milik masyarakat.

Pantauan dilapangan, massa berjumlah sekitar kurang lebih 300 orang dengan membawa sejumlah spanduk, karton yang diantaranya bertuliskan “kepada yth bapak Bupati OKI bekukan “IUP” PT Klantan Sakti Sebelum Hak Masyarakat Teloko 20% kebun plasma terpenuhi”

Koordinator Aksi, Yovi Meitaha menyampaikan, pihaknya meminta kepadaPemkab OKI untuk sesegera mungkin mengurus plasma masyarakat desa teloko mengingat sampai saat ini dalam realisasinya tidak pernah terwujud.

“Masyarakat meminta permasalahan plasma milik masyarakat desa teloko jangan berlarut-larut dalam penyelesaiannya, wajar kami sebagai masyarakat teloko meminta hak kami,” ujar Yopi.

Sementara itu, Bupati OKI Iskandar melalui Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Dedy Kurniawan menjelaskan, sebelumnya pihak Pemkab OKI dan jajarannya telah berkoordinasi dengan pihak PT Kelantan Sakti dalam memperjuangkan aspirasi plasma milik masyarakat desa Teloko.

“Terkahir kami telah melakukan survei ketersediaan lahan, saya juga akan meminta tanggapan dari instansi dinas lain, desa teloko ini berdasarkan batas desa administratif itu ada ketersediaan lahan seluas 200 hektare yang saat ini kondisi dilapangan itu tidak tertanam sawah artinya masih semak belukar yang di plot untuk plasma tersebut,”

Setelah menyampaikan orasi dan pernyataan sikap dengan Bupati OKI, Massa demo yang terhitung cepat ini membubarkan diri untuk melanjutkan orasi ke DPRD kab. OKI.(den/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *