Masyarakat Tebing Abang Keluhkan Kerusakan Jalan

Photo : Salah satu kendaraan truk yang melintas di Desa Tebing Abang menghindari jalan yang berlubang

* Noffaredy: Infrastruktur Jalan Bagus Menjadi Sasaran Askolani

Banyuasin, Radarsriwijaya.com — Warga Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin, Senin (1/3/2021) keluhkan kerusakan akses jalan desa menuju Kota Kecamatan.

Kepala Dusun I Desa Tebing Abang, Sopianhadi mengatakan, kerusakan sepanjang jalan ini disebabkan musim hujan dan dilewati oleh kendaraan truk yang bermuatan lebih.

“Sepanjang jalan berlubang dan penuh dengan genangan air. Kerusakan jalan tidak bisa dihindari di musim penghujan,” kata Sopianhadi seraya menyebutkan kerusakan jalan terjadi di dalam perkampungan.

Camat Rantau Bayur Saiful Azwar ketika dikonfirmasi membenarkan, jalan dari dusun 1 menuju dusun 3 Desa Tebing Abang Rantau Bayur sepanjang 5 kilometer dalam kondisi rusak dan penuh dengan kubangan air hujan. Untuk potensi jalan longsor bisa terjadi kalau tidak segera diperbaiki.

Kerusakan jalan ini tidak bisa dihindari apabila masuk musim penghujan, jalan desa licin dan berlubang dengan genangan air. “Ada sepanjang 5 kilometer akses jalan Desa Tebing Abang menuju Kota Kecamatan Rantau Bayur rusak. Kerusakan tersebut tidak merata,” kata Saiful jalan yang arah kerusakannya berkisar 2 kilometer.

Masih kata Saiful, untuk kerusakan jalan desa sudah dilaporkan secara lisan dan tertulis ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Dinas PU Tata Ruang. Untuk realisasi perbaikan jalan belum diketahui kapan dikerjakan.

“Kecamatan Rantau Bayur ada 21 desa dan hanya ada 5 desa transportasi melalui jalur darat. Dan 16 desa lainnya transportasi melalui jalur sungai,” jelas Saiful seraya menyebutkan desa yang terujung Desa Penandingan dan akses jalan masih baik.

Terpisah Kadis Kominfo Banyuasin Noffaredy SSos MM melalui Kasi Kemitraan Media Andi Wijaya SSos mengatakan, mengenai kerusakan jalan yang terjadi di Desa Tebing Abang Rantau Bayur memang benar ada beberapa titik jalan menuju kecamatan yang rusak. Namun, masih bisa dilalui oleh kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Memang di musim penghujan tidak hanya di wilayah Banyuasin yang ketiban jalan jelek. Wilayah lain juga hal sama dirasakan.

“Saya berharap warga Tebing Abang dan seluruh wilayah Banyuasin yang sekarang kondisi akses jalan mengalami kerusakan karena memasuki musim hujan diharap bersabar. Karena Bupati H Askolani SH MH dan Wakil Bupati H Slamet Somosentono SH dan didukung penuh Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan SH MSi beserta anggota DRPD lainnya, telah berupaya untuk memperbaiki seluruh akses jalan dari jalan tanah menuju pekerjaan peningkatan.

“Untuk infrastruktur jalan sudah menjadi program Pemkab Banyuasin, saya yakin dengan bergiliran perbaikan jalan akan datang dengan sendirinya atas bantuan dan kerjasama warga dan pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan pusat tentunya,” tandas Andi, tentunya infrastruktur jalan bagus menjadi sasaran bupati. (agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *