Wabup OKI Berharap Pelaku Begal Segera Ditangkap

Photo : HM Djafar Shodiq

Radarsriwijaya.com, (OKI).- Wakil Bupati OKI HM Djafar Shodiq mengharapkan pihak kepolisian dapat segera menangkap pelaku begal yang belakangan ini marak terjadi diwilayah Kabupaten OKI.

Hal tersebut diungkapkan Shodiq usai menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Ogan Komering Ilir (OKI) di Pendopo rumah jabatan Bupati OKI, rabu (26/1/2022).

Wabup mengatakan aksi begal ini memang cendrung mengalami peningkatan, pelakunya menggunakan senjata api dan tidak segan melukai korbannya, dirinya juga sudah mendapatkan infomasi dari masyarakat terkait kejadian begal yang terjadi diwilayah lempuing dan adanya masyarakat yang mempertanyakan masalah keamanan.

Meskipun belum secara langsung meminta kepada Kapolres OKI untuk pengungkapan kasus tersebut namun wabup meyakini bahwa kejadian ini sudah barang tentu menjadi perhatian pihak kepolisian.

“Kalau ketemu atau telpon langsung menyampailan perihal tersebut (pelaku agar segera ditangkap,red), kepada bapak kapolres memang belum ada, tetapi saya yakin ini menjadi atensi, dan saya percaya bapak kapolres cepat tanggap soal itu.” Katanya.

Menurut Shodiq, aksi begal ini tampaknya dilakukan para pelaku yang sebelumnya telah membaca situasi, dimana disaat semua fokus pada upaya mencapai target vaksinasi termasuk aparat kepolisian, disisi lain pelaku memanfaatkan kelengahan.

“Saya menduga pelaku ini memang sedang memanfaatkan situasi tersebut, itu pengamatan saya.” Katanya.

Selain itu wabup juga berharap peran serta dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan situasi yang aman dan kondusif dengan meningkatkan kewaspadaan termasuk giat siskamling dimasing-masing wilayah.

“Tentu kita berharap pelaku dapat segera ditangkap, selain dari itu peningkatan patroli dan partisipasi lapisan masyarakat untuk lebih menggiatkan siskamling adalah upaya antisipasi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.” Tukasnya.

Sebelumnya, aksi begal bersenjata api terjadi dijalan poros lintas Kabupaten OKI – OKUT persisnya dijalan Bendungan Komering (BK) 30 Desa Cahaya Mulya Kecamatan Lempuing OKI, korbannya ditembak hingga meninggal dunia.

Pelaku yang berjumlah dua orang membawa kabur sepeda motor korbam jenis yamaha NMax kearah Martapura, sedangkan korban yang pada saat kejadian bersama dengan istri dan anaknya ditinggalkan pergi, selanjutnya korban dibantu oleh warga yang melintas untuk mendapatkan pertolongan hingga akhirnya korban meninggal dunia.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *