Sebelum Mudik Warga Diminta Vaksin Booster

Radar Sriwijaya, Lahat – Pemkab Lahat meminta kepada warga khususnya warga yang akan melakukan mudik lebaran untuk terlebih dahulu di vaksin booster yang juga akan menjadi syarat bagi warga untuk dapat mudik lebaran.

Disisi lain,  saat ini cakupan vaksinasi booster di Kabupaten Lahat diangka 6,23 persen.

Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM mengatakan salah satu alasan pemerintah pusat memberlakukan vaksin virus corona (Covid-19) dosis lanjutan atau booster sebagai syarat mudik bertujuan untuk meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di daerah. vaksin booster juga mampu memberikan proteksi tambahan bagi warga yang berniat pulang kampung guna menemui orang tua atau keluarga.

“Pemerintah memberikan perhatian yang sama untuk meningkatkan cakupan vaksinasi booster di berbagai daerah agar kegiatan mobilitas masyarakat antar daerah termasuk mudik dapat aman Covid-19,” katanya.

Kata Wabup, apabila pemudik sudah menerima vaksin virus corona dosis lanjutan atau booster, maka tidak perlu melampirkan hasil negatif pemeriksaan Covid-19 saat melakukan perjalanan mudik.

“Kalau belum booster, maka melakukan tes Covid-19 atau Polymerase Chain Reaction (PCR) sebelum akan berangkat mudik,” ucapnya saat memantau kegiatan vaksinasi mobile Kodim 0405 Lahat di sekitar lapangan eks MTQ, Kecamatan Lahat.

Menurut H Haryanto, data per 9 April 2022 dari Dinas Kesehatan Lahat capaian vaksinasi  dosis 1 tembus diangka 94,25 persen, dosis kedua diangka 69,43 persen dosis ketiga diangka 6,23 persen. “Belum ada razia secara acak bagi yang belum vaksin. Tinggal kesedaran masyarakat untuk vaksinasi,” ucapnya. (bram/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *