Cegah Karhutlah di Areal Hutan Konservasi Plasma Nutfah, PT Kelantan Sakti Raih Penghargaan

Photo : Piagam penghargaan yang diberikan Dinas Kehutanan Sumsel Kepada PT Kelantan Sakti.

Radarsriwijaya.com,-  Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesatuan Pengelola Hutan (UPTD KPH) Wilayah V Lempuing, Mesuji menganugerahkan Sertifikat Penghargaan kepada PT Kelantan Sakti atas dukungan dan partisipasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) wilayah Kebun Konservasi Plasma Nuftah Ramin & Tanaman Kehutanan yang berlokasi di Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Kepala UPTD KPH Wilayah V Lempuing dan Mesuji Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, Edy Warsah mengatakan, Dalam rangka mencegah terjadinya rembetan karhutla ke areal kebun konservasi plasma nutfah (demplot bonn chalenge) hasil revegetasi lahan gambut bekas terjadinya karhutla pada 2006, maka Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan melalui (UPTD KPH) Wilayah V Lempuing Mesuji dengan ini menggandeng PT Kelantan Sakti untuk turut melakukan upaya pencegahan penanggulangan Karhutla dengan membangun sekat bakar.

“Harapan kita, dengan adanya sekat bakar tersebut dapat mencegah api masuk ke areal Kebun Konservasi Plasma Nuftah (Bonn Challenge) yang merupakan hasil revegetasi di lahan bekas kebakaran yang dilakukan oleh BP2LHK Palembang,” ujar Edy Warsah.

Group Manager PT Kelantan Sakti, Juniansyah Sinaga berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan dan menyatakan kesiapannya untuk terus melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di sekitar wilayah operasional Perusahaan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa saat intensitas kebakaran lahan di sekitar areal sepanjang Jalan Sepucuk Desa Tanjung Serang, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI khususnya di sekitar Kebun Konservasi Plasma Nutfah (Bonn Challenge) tinggi, maka PT Kelantan Sakti menyambut baik ajakan dari UPTD KPH Wilayah V Lempuing dan Mesuji untuk turut melakukan upaya pencegahan Karhutla agar tidak merembet ke areal konservasi Bonn Challenge.

“Secara bersama-sama, kita melakukan pembangunan sekat bakar, membersihkan areal, membangun kanal di sekeliling lokasi kebun Bonn Challenge berukuran 3 x 3 meter sepanjang 3 km, melakukan patroli api dan menyiagakan tim Petugas Damkar PT Kelantan Sakti, serta melakukan kegiatan pemadaman kebakaran di radius 1 km dari areal Kebun Konservasi Plasma Nutfah (Bonn Challenge),” ujar Juniansyah.

“Kita juga juga bersyukur, kerja keras kita mampu menjaga areal Bonn Chalengge bebas Karhutla, dan diapresiasi pula dengan anugrah penghargaan dari Dinas Kehutanan Sumatera Selatan. Hal ini tentu saja menjadi motivasi bagi kami untuk terus aktif menjaga kelestarian lingkungan di wilayah operasional maupun seputar wilayah operasional perusahaan,” imbuh Juniansyah.

Lebih lanjut, Juniansyah mengatakan bahwa, sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk melakukan kegiatan operasional secara ramah lingkungan, maka bentuk bantuan ini juga merupakan wujud kepedulian perusahaan untuk kelestarian lingkungan.

Selain itu, PT Kelantan Sakti juga telah membagikan masker gratis kepada warga sebagai bentuk kepedulian kepada kesehatan masyarakat yang terdampak kabut asap, termasuk memberikan bantuan 4 unit mesin ministrike berserta perlengkapannya kepada tim satgas karhutla Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan guna penanggulangan Karhutla di Provinsi Sumatera Selatan.(den/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *